Senin, 02 Juli 2012

Perkembangan Komputer


Perkembangan Komputer

Computer pertama yang mampu mengerjakan soal matematika jauh lebih cepat dari manusia dengan angka – angka yang besar ukurannya sangat besar, ukurannya sebesar ruangan dengan luas 100 meter persegi, den disebut dengan ENIAC “Electronic Numerical Integrator and Komputer”. Ia dapat menyelesaikan soal matematika dengan cepat tetapi ia sangat besar , panjang, dan panas.

Dipertengahan tahun 1960an, computer dipesawat luar angkasa adalah mesin penghitung yang terkuat untuk ukurannya.  Beratnya sekitar 10 ribuan seperti ENIAC, dan menggunakan  10 ribuan listrik seperti ENIAC,  para ilmuan membuat perubahan itu hanya dalam waktu 15 tahun. Benda ini sekuat kalkulator pada zaman sekarang,.

Pada pertengahan tahun 1990an, computer miliayaran bahkan triliunan lebih cepat dari mesin elektronik paling pertama, pada dasarnya semua computer seperti itu kalkulator, jam tangan. Tetapi dimasa yang akan datang ( masa sekarang – selanjutnya) computer akan jauh lebih kecil lebih murah dan lebih cepat.
Diabad sekarang computer telah menjadi bagian dari hidup kita, computer akan ada dimana – mana seperti halnya jam tangan.
Untuk lebih jelas nya mari kita lihat perkembangan – perkembangan computer dari generasi ke generasi. 

1. Komputer Generasi Pertama (1942 – 1959)
Komputer genarasi pertama ini disebut juga sebagai komputer dinosaurus karena ukurannya yang relatif besar. Hanya orang yang ahli sajalah yang dapat menggunakan komputer ini karena sangat sulit dan daya komputesinya sangatlah lambat.
Ciri ciri komputer pada generasi pertama adalah sebagai berikut :
    * Komponen elektronikanya dari Tabung Hampa (Vacuum Tube)
    * Program dibuat dalam bahasa mesin (Machine Language), yang programnya tersimpan dalam memori komputer. Programnya masih menggunakan bahasa mesin dengan menggunakan kode 0 dan 1 dalam urutan tertentu.
    * Sifat-sifatnya:
    * Ukurannya besar dan memerlukan tempat yang sangat luas
    * Memerlukan banyak Pendingin (AC) karena banyak mengeluarkan panas
    * Prosesnya relatif lambat
    * Kapasitas untuk menyimpan data kecil.
    * Pabrik yang memproduksi; UNIVAC, IBM, BURROGHS, HONEYWELL
    * Contoh mesin; ENIAC, MARK II, EDSAC, MARK III, UNIVAC I & II, IBM 650, ADVAC 
2. Komputer Generasi Kedua (1960 – 1964)
Komputer generasi kedua ini muncul pada era 1960-an dan dulu komputer ini banyak di gunakan di berbagai perusahaan perusahaan khususnya dalam bidang bisnis. Ukurannya lebih kecil ketimbang komputer generasi pertama yaitu kira kira seukuran lemari saja. Pada era ini juga manusia telah mengenal printer, memori, disket ataupun sitem operasi.
Ciri ciri komputer generasi kedua adalah sebagai berikut :
    * Komponen elektronikanya dari Transistor
    * Program dibuat dengan Assembly Language, Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) dan ALGOL
    * Sifat-sifatnya:
    * Ukurannya relatif kecil
    * Tidak banyak mengeluarkan panas
    * Telah mengenal Magnetic Tape dan Magnetic Disk untuk menyimpan data
    * Mulai mengenal Tele Processing (time sharing yang memungkinkan beberapa user dapat memakai kokmputer secara bersama-sama)
    * Proses relatif lebih cepat
    * Kapasitas untuk menyimpan data semakin besar.
    * Pabrik yang memproduksi; UNIVAC, IBM, BURROGHS, HONEYWELL, CDC (Control Data Corporation), NCR
    * Contoh mesin; IBM (IBM 1620, IBM 1401, IBM 7070, IBM 7080, IBM 7094), UNIVAC III, CDC 6600 Super dan CDC 7600, BURROGHS 5500, HONEYWELL 400, PDP 1 & 5
Walaupun komputer ini telah menggunakan transistor yang mana menggantikan fungsi tabung hampa tetapi tetap saja mengeluarkan panas walaupun tidak sebanyak yang di keluarkan oleh komputer generasi pertama dan itu dapat berpotensi untuk merusak komponen komponen yang ada pada komputer. Pada generasi ini juga bermunculan banyak programmer, analyst dan ahli di bidang komputer serta juga bermunculan dan mulai berkembang industr piranti lunak atau softwere. 

3. Komputer Generasi Ketiga (1965 – 1971)
Komputer generasi ketiga merupakan perkembangan yang paling pesat dari perkembangan komputer yang ada. Komputer generasi ketiga muncul sejak era 1965-1971-an. Transistor yang dianggap tidak effisien lagi membuat manusia mencari solusi lain dan solusi itu di temukan pada batu kuarsa ( Quartz rock ). Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. Hal ini merupakan sebuah inovasi yang dapat mendongkrak munculnya komputer generasi ketiga.
Ciri ciri komputer generasi ketiga adalah sebagai berikut :
    * Komponen elektronikanya dari Integrated Circuit (IC) yang berbentuk lempengan atau chip
    * Program dibuat dengan bahasa tingkat tinggi (High Level Language), yaitu: BASIC, FORTRAN, COBOL
    * Sudah menerapkan konsep multi processing dan dapat menjalankan program lebih dari satu multi programming dalam waktu yang bersamaan
    * Dapat berkomunikasi dengan peralatan lain untuk melakukan komunikasi data seperti telepon dengan komputer.
    * Sifat-sifatnya:
    * Ukurannya lebih kecil dari komputer generasi kedua
    * Mulai mengenal Multi Programming dan Multi Processing
    * Adanya integrasi antara Software dan Hardware dalam Sistem Operasi
    * Prosesnya sangat cepat
    * Kapasitas untuk menyimpan data lebih besar.
    * Pabrik yang memproduksi; IBM, BURROGHS, HONEYWELL, NCR
    * Contoh mesin; IBM S/360, UNIVAC 1108, PDP 8 & 11, HONEYWELL 200, RCA, SPECTRA 70.
Pada era ini juga mulai digunakannya sistem operasi (operation sistem) yang memungkinkan mesin menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer. Sistem operasi komputer pada generasi ketiga adalah UNIX dan Windows. Walapupun grafiknya masihlah sangat minim. 

4. Komputer Generasi Keempat (1972 – Sampai sekarang)
Komputer generasi keempat adalah komputer yang kita temui pada saat ini. Komputer yang dalam komponen elektriknya masih menggunakan mikrochip walaupun ukurannya dan bahan yang digunakan berbeda. Ukurannya lebih kecil membuat ukuran komputerpun lebuh sederhana.
Ciri ciri komputer generasi keempat adalah sebagai berikut :
    * Komponen elektronikanya dari miniaturisasi yang disebut LSI dan mulai memperkenalkan VLSI (Very Large Scale Integration) yang merupakan paduan dari IC dengan kapasitas rangkaian dapat mencapai 100.000 komponen tiap chip
    * Mulai dikembangkan suatu jaringan komputer lokal yang menggunakan ARCNET (Attach Research Computing Network)
    * Program dibuat dengan bahasa: BASIC, FORTRAN, COBOL, PASCAL
    * Sifat-sifatnya:
    * Ukurannya relatif lebih kecil
    * Sudah menerapkan Multi Programming dan Multi Processing
    * Mengenal DataBase Management System (DBMS).
    * Pabrik yang memproduksi; IBM, BURROGHS, HONEYWELL, INTEL
    * Contoh mesin; IBM (IBM S/34, IBM S/36, IBM PC/AT & XT, IBM PS/2), HONEYWELL 700, BURROGHS 600, CRAY I, CYBER, PC Aplle II, COMMODORE PC ,INTEL i386 sampai dengan intel Pentium I, II, III, IV, Dual Core, Core 2 Duo, dan Quad Core.
Komputer genarasi ini telah berkembang sangat pesat karena penggunannya yang sangat mudah (friendly user) dan serba guna apalagi di bidang industri dan teknologi informasi, peranan komputer sangatlah membantu. 

5. Komputer Generasi Kelima
Rencana masa depan komputer generasi ke lima adalah komputer yang telah memiliki Artificial Intelligence (AI). Sehingga komputer di masa depan dapat memberikan respon atas keinginan manusia.
Ciri ciri komputer generasi kelima adalh sebagai berikut :
    * Komputer generasi ini masih dalam tahap pengembangan dan pemakainya belum banyak. Pengembangan komputer genarasi ini dipelopori oleh negara Jepang
    * Komponen elektronikanya menggunakan bentuk paling baru dari chip VLSI
    * Program dibuat dalam bahasa PROLOG (Programming Logic) dan LISP (List Processor)
    * Komputer generasi kelima difokuskan kepada AI (Artificial Inteligence / Kecerdasan Buatan), yaitu sesuatu yang berhubungan dengan penggunaan komputer untuk melaksanakan tugas-tugas yang merupakan analog tingkah laku manusia.
    * Sifat-sifatnya:
    * Dapat membantu menyusun program untuk dirinya sendiri
    * Dapat menerjemahkan dari suatu bahasa ke bahasa lain
    * Dapat membuat pertimbangan-pertimbangan logis
    * Dapat mendengar kalimat perintah yang diucapkan serta melaksanakannya
    * Dapat memilih setumpuk fakta serta menggunakan fakta yang diperlukan
    * Dapat mengolah gambar-gambar dan grafik dengan cara yang sama dengan mengolah kata, misalnya dapat melihat serta mengerti sebuah foto.
Dua tanda tanda akan munculnya inovasi komputer generasi kelima adalah  komputer paralel yang berarti memungkinkan banyak CPU bekerja sama membentuk suatu jaringan yang efisien. Selin itu ditemukannya superkonduktor yang memungkinkan aliran listrik mengalir tanpa hambatan sedikitpun sehingga dapat meningkatkan kecepatan informasi yang di dapat. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikan keberadaan komputer generasi kelima ini.

Bagian – bagian computer.
1.      RAM (Random Acces Memory)
Ram adalah bagian memory dari computer, disebut random karena kamu dapat kebagian manapun pada memory tanpa harus mulai dari tempat yang sama. Ram seperti buku yang terbuka diatas meja.
2.      HardDrive atau CD
Kebanyakan informasi pada perpustakaan terdapat pada rak buku. Sedangkan pada computer informasi terdapat pada harddrive. Kamu tidak dapat menggunakan informasi ini sampai informasinya terdapat pada ram, sama sepertia kamu tidak bisa menggunakan informasi pada buku sebelum kamu mengambilnya dari rak buku dan membukanya.
Computer dibentuk dari hardware, itu adalah peralatan yang sangat kuat tapi tanpa software maka tidak akan berguna sama sekali, Ram dan Harddrive termasuk hardware.
Software adalah sekumpulan intruksi yang memberitahukan kepada  computer bagaimana menjalankan miliayan tombol nya sebagaimana mematikan dan menghidupkan.
Contoh: misalkan film termasuk software tapi tanpa proyektor maka film tidak dapat dinyalakan. Dan begitupun sebaliknya, jika proyektor dinyalakan tanpa film maka yg dilihat hanya layar kosong.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar